Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan
Judul: ANALISIS LEARNING OBSTACLES MATEMATIKA KONSEP PEMBAGIAN PADA SISWA KELAS 2 SEKOLAH DASAR
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0412078702

Tahun: 2016

Penelitian dilatarbelakangi oleh munculnya hambatan belajar (learning obstacle) siswa tentang pengenalan konsep pembagian sama banyak. Beberapa siswa terlihat kebingungan ketika dihadapkan dengan soal yang tidak biasa diberikan oleh guru. Seharusnya guru merencanakan suatu pengembangan untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan respon siswa. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi hambatan belajar (learning obstacles) untuk merancang desain didaktis pembelajaran matematika materi pembagian yang dapat diterapkan di kelas II Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan pendekatan desain didaktis (Didactical Design Research) dengan metode kualitatif. Partisipan penelitian yaitu 4 Guru dan 122 Siswa Sekolah Dasar kelas II pada tiga sekolah dengan karakteristik yang berbeda. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, tes dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengetahui learning obstacle, kemudian peneliti menyusun antisipasi didaktis pedagogis berdasarkan learning obstacle yang telah teridentifikasi. Desain didktis yang telah dirancang tersebut diujicobakan disalah satu SD di kota Bandung, sehingga menghasilkan desain didaktis revisi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah ontogenical obstacle, didactical obstacle, epistemological obstacle siswa pada pembelajaran pembagian sebagai acuan dasar untuk membuat desain didaktis pengenalan konsep pembagian dua angka.

Kata kunci: desain didaktis, pembagian, learning obstacle