Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Total Physical Response (TPR), Kosa Kata, Siswa Sekolah Dasar (SD)
Judul: Penerapan metode Total Physical Response (TPR) dalam penguasaan kosa kata Bahasa inggris Sekolah Dasar (SD)
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0427048401

Tahun: 2018

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan

kemampuan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris pada siswa SD yang berada di pedesaan.

Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experimental design. Jenis quasi

experimental design yang dipilih adalah nonequivalent control group design dengan

memasukan pretes-posttes pada kelompok kontrol dan eksperimen dalam menentukan skor

perbandingan tingkat kemampuan sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Peneliti

mengambil sampel dari masing-masing sekolah sebanyak 15 siswa kelas 5 dari SDN Buaran

Bambu 1 Kab. Tangerang sebagai kelas eksperimen dan SDN Periuk 4 Kota Tangerang

sebagai kelas kontrol. Hasil temuan dari penelitian ini adalah pada umumnya tingkat motivasi

belajar siswa SDN Buaran Bambu 1 mengalami peningkatan, hal itu terlihat dari nilai

terendah pada pre-tes 15 dan post-test meningkat menjadi 35. Akan tetapi pemberian

perlakuan sebanyak 6 pertemuan tidaklah cukup untuk meningkatkan prestasi siswa SDN

Buaan bambu 1 dalam penguasaan kosa kata bahasa Inggris, apabila dibandingkan dengan

SDN Periuk 4 Kota Tangerang yang nilai terendah pre-test mencapai 35 dan post test 50.

Sehingga hipotesis dapat disimpulkan bahwa, H0 diterima dan Ha ditolak yang artinya tidak

terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris

dengan menggunakan metode TPR pada siswa SD yang berada di desa.

Kata Kunci: Total Physical Response (TPR), Kosa Kata, Siswa Sekolah Dasar (SD)