Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Aksioma Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Metro
Judul: ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA SMA DALAM PROSES PEMECAHAN MASALAH
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0411119002

Tahun: 2018

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kemampuan metakognitif siswa dalam proses pemecahan masalah. Kemampuan metakognitif merupakan kemampuan siswa dalam mengontrol kemampuan kognitif. Kesuksesan seseorang dalam belajar adalah yang mampu mengelola kemampuan kognitif mereka sendiri. Kemampuan metakognitif menekankan untuk melakukan kegiatan perencanaan, memantau serta mengevaluasi terhadap pemecahan masalah. Keberhasilan siswa dalam proses pemecahan masalah merupakan suatu yang penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana siswa melakukan proses metakognitif dalam proses pemecahan masalah matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari lembar tes pemecahan masalah serta pedoman wawancara. Data yang diperoleh dari lembar tes pemecahan masalah merupakan dasar dalam melakukan wawancara dengan subjek untuk mengetahui metakognitif yang dilakukan. Tes akan diberikan kepada 3 orang subjek yang masing-masing mewakili siswa kemampuan rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian bahwa subjek dengan dengan kemampuan tinggi melakukan proses metakognitif dengan baik hal ini dikarenakan subjek sudah memiliki konsep-konsep yang dibutuhkan. Untuk subjek dengan kemampuan sedang dan rendah cendrung kurang berhasil dalam proses metakognitif, dikarenakan tidak bisa melaksanakan semua tahapan metakognitif dengan baik.

Kata kunci : Metakognitif, Pemecahan masalah