Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan Anak Usia Dini
Judul: Upaya Meningkatkan Percaya Diri Melalui Kegiatan Menyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun Di RA Tarbiatul Umi Kota Tangerang
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0413088501

Tahun: 2018

Penelitian ini berangkat dari rumusan masalah apakah terdapat peningkatan melalui kegiatan menyanyi terhadap percaya diri anak pada usia 5-7 tahun di RA Tarbiatul Umi, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya peningkatan percaya diri anak usia 5-7 tahun, dan apakah kegiatan menyanyi dapat meningkatkan percaya diri anak usia 5-7 tahun di RA Tarbiatul Umi, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang Semester II tahun 2016/2017. Model kegiatan penelitian yang digunakan adalah kegiatan Menyanyi. Rancangan penelitian mengacu pada alur Penelitian Tindakan Kelasdimulai dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan secara bersiklus. Subyek penelitian ini adalah kelompok B yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari anak laki-laki dan anak perempuan. Data dikumpulkan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik persentase. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan menyanyi dapat meningkatkan percaya diri anak usia 5-7 tahun, terbukti terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus III 68% menjadi 97%. Siklus I sampai siklus III dapat diperoleh tingkat presentase 29%. Selama penelitian percaya diri anak usia 5-7 tahun mengalami peningkatan yang signifikan.