Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: DESAIN BAHAN AJAR KOMPUTASI MATEMATIKA
Judul: DESAIN BAHAN AJAR KOMPUTASI MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE MATHEMATICA UNTUK MENGEMBANGKAN SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/040807905#0420018901

Tahun: 2018

Proses pembelajaran yang ideal adalah proses pembelajaran yang menciptakan komunikasi multi arah antara dosen, mahasiswa dan sumber belajar. Komunikasi antara ketiga komponen tersebut akan mendorong terjadinya proses pembelajaran yang active learning yang didukung oleh sumber belajar yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi saat ini menuntut dosen untuk mengintegrasikan pembelajaran dengan TIK. Salah satu yang bisa diintegrasikan adalah penggunaan sumber belajar yang berbantuan software. Salah satu sumber belajar yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah sumber belajar berupa bahan ajar yang mendorong kemandirian belajar mahasiswa. Produk yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah bahan ajar matematika komputasi berbantuan software mathematica. Model pengembangan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yaitu meliputi: (1) Define, pengembang melakukan analisis masalah dan potensi; (2) Design, pengembang membuat produk awal (prototype) atau rancangan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada; (3) Development, dibagi kedalam dua kegiatan yaitu: expert appraisal dan developmental testing; (4) Disseminate, pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah validation testing.