Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: OPTIMALISASI KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN ADVERSITY QUOTIENT MELALUI LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INQUIRY PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN
Judul: OPTIMALISASI KEMAMPUAN PENALARAN ADAPTIF DAN ADVERSITY QUOTIENT MELALUI LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS INQUIRY PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/0414117904#0005038902

Tahun: 2018

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk bahan ajar berupa Lembar kerja Mahasiswa (LKM) berbantuan Inquiry pada Mata kuliah Teori Bilangan. LKM berbasis Inquiry di pilih karena Inquiry menekankan pada keaktifan mahasiswa untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban. Dengan lembar kerja mahasiswa,(LKM) berbasis inquiri, peluang untuk menemukan sendiri jawaban akan semakin besar. LKM menuntun jawaban mahasiswa ke arah penemuan jawaban. Dengan proses yang benar mahasiswa akan lebih percaya diri dan bersemangat dalam melakukan pembuktian. Diharapkan mahasiswa akan mendapat pembiasaan serta mau berusaha lebih keras dalam melakukan proses pembuktikan. Dengan demikian, Target khusus yang hendak dicapai dalam penelitian ini mengoptimalkan kemampuan penalaran adaptif dan Adversity Quotient (AQ) mahasiswa. Luaran dari penelitian ini adalah bahwa hasil penelitian akan diseminarkan dalam acara seminar nasional serta dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional ber-ISSN. Metode yang digunakan adalah Reseach and Development. Subjek penelitian untik keperluan ujicoba produk dipilih secara purposive dengan ketentuan bahwa subjek telah menerima matakuliah Teori Bilangan. Sedangkan sampel penelitian sebagai sarana implikasi dipilih dengan ketentuan bahwa sampel adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika yang mengambil mata kuliah Teori Bilangan pada semester genap pada tahun akademik 2017/2018. Data dalam penelitian ini meliputi data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif bertujuan untuk menggambarkan kualitas LKM yang dikembangkan. Data kualitattif diperoleh dari hasil validasi produk awal berupa LKM berbasis Inquiry matakuliah Teori Bilangan, Soal tes kemampuan penalaran adaptif, serta instrument Adversity quotient. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari uji coba LKM, jawaban mahasiswa pada soal penalaran adaptif, serta jawaban angket mahasiswa pada angket AQ. Teknik analisis data kualitatif diperoleh dari dari lembar angket validasi yang dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Data kuantitatif menggunakan bantuan SPSS versi 20.