Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
Judul: IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EXPERIENTAL LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN STATISTIS MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/0420029102#0408039001

Tahun: 2018

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah kemampuan penalaran statistis mahasiswa yang menerima pembelajaran experiental learning apakah lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori, dan mengkaji apakah peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa yang menerima pembelajaran experiental learning lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori serta bagaimana respon mahasiswa yang menerima pembelajaran experiental learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen (eksperimen semu). Dalam penelitian ini subjek tidak dikelompokkan secara acak, namun peneliti menerima keadaan subjek apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa teknik industri dengan sampel mahasiswa teknik industri semester III yang mengambil mata kuliah statistik probabilitas. Dengan sampel yang terdiri dari dua kelas, dimana kelas satu kelas dijadikan kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran experiental learning dan satu kelas lagi dijadikan kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Postes dan pretes diterapkan untuk mengetahui kemampuan akhir penalaran statistis mahasiswa dan peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa. Angket respon terhadap pembelajaran experiental learning diberikan di akhir pembelajaran untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran experiental learning. Uji statistik yang digunakan untuk mengetahui kemampuan akhir dan peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa menggunakan uji t. Sementara untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pembelajaran experiental learning dianalisis secara kualitatif.