Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: KONTRUKSI REALITAS POLITIK MEDIA (Analisis Framing Berita Tentang Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 di Harian Radar Banten)
Judul: KONTRUKSI REALITAS POLITIK MEDIA (Analisis Framing Berita Tentang Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017 di Harian Radar Banten)
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/0427106903#0429077605#0403098202

Tahun: 2018

Pasca runtuhnya pemerintahan Orde Baru, negara Republik Indonesia terus membenahi kehidupan demokrasi menuju arah yang lebih baik. Dua hal penting yang dilakukan sebagai amanah tuntutan reformasi adalah terbukanya keran kebebasan pers dan perubahan mekanisme pemilihan kepala daerah (Pilkada). Dalam perjalanannya, antara pers dan proses Pilkada, tidak dapat terpisahkan. Hubungan yang seiring antara pers dan Pilkada tersebut dapat dilihat dari peranan pers dalam masyarakat. Iswara (2005; 7) menyebutkan bahwa beberapa peran yang umum dijalankan pers diantaranya sebagai pelapor (informer) yakni pers bertindak sebagai mata dan telinga publik, melaporkan peristiwa-peristiwa yang di luar pengetahuan masyarakat dengan netral dan tanpa prasangka. Berita Pilkada akan lebih banyak disajikan dalam surat kabar daerah. Hal ini erat kaitannya dengan prinsip proximity dalam jurnalistik, yang berarti masyarakat akan cenderung tertarik membaca berita-berita yang dekat dengan dirinya, baik kedekatan geografis, kultural, sosiologis, maupun kedekatan psikologis. Dalam peristiwa Pilkada, masyarakat Provinsi Banten, perlu membaca berita-berita yang disajikan oleh surat kabar di daerah ini. Penelitian ini bermaksud mengangkat kontruksi realitas politik media melalui peristiwa pemilihan Gubernur Banten tahun 2017. Dari aspek pemberitaan atau konstruksi surat kabar, hasil konstruksi tersebut biasanya melahirkan bingkai (frame) atas berita tersebut. Penelitian ini berusaha mengungkap framing yang dibentuk sebagai hasil konstruksi media, dalam hal ini Koran Radar Banten mengenai calon gubernur/wakil gubernur. Media ini dipilih dengan alasan bahwa media ini merupakan bacaan terbanyak yang dipilih oleh masyarakat Banten. Media ini merupakan media lokal terbesar, dengan tiras mencapai 23 ribu dengan jumlah pembaca mencapai 55 ribu orang, melalui pendekatan kualitatif. Fokus masalah penelitian kualitatif ini adalah kontruksi berita yang buat oleh Koran Radar Banten terhadap calon gubernur dan wakil gubernur tertentu dalam proses Pilkada Banten 2017, melalui pembingkaian (Framing) terhadap pasangan calon cubernur dan wakil gubernur Banten tertentu.

Target temuan yang diharapkan dan kontribusinya terhadap ilmu ilmu komunikasi dengan studi media dan jurnalistik adalah : (1) diketahuinya posisi Radar Banten terhadap Calon Gubernur /Wakil Gubernur Banten 2017; (2); diketahuinya motif yang ingin disampaikan Radar Banten melalui pemeberitaannya terhadap pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten, dan (3) dampaknya terhadap sikap pembaca (public).