Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Pendidikan
Judul: HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PETUNJUK
Perguruan Tinggi: Universitas Muhammadiyah Tangerang
Jenis/sdm: dosen/#0406108804

Tahun: 2016

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis petunjuk. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedoya Utara 01 dan SDN Kedoya Utara 02, Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada tahun pelajaran 2012/2013 pada semester II. Sampel pada penelitian ini sebanyak 73 responden, yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian dengan metode survey, yang bertujuan untuk menelaah: 1) Ada hubungan yang signifikan dengan kemampuan membaca pemahaman dengan kompetensi menulis petunjuk; 2) ada hubungan yang signifikan motivasi berprestasi dengan kompetensi menulis petunjuk; 3) ada hubungan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kompetensi penulisan petunjuk. Dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi dengan kemampuan menulis petunjuk. Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan menulis petunjuk dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan mengakomodir motivasi berprestasi, dari hasil verifikasi membuktikan bahwa kemampuan membaca pemahaman dan motivasi berprestasi menjadi faktor-faktor penentu yang signifikan.

Kata Kunci: Kemampuan membaca pemahaman, motivasi berprestasi, kemampuan menulis petunjuk