Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: ACCOUNTING
Judul: ANALISIS PERENCANAAN BIAYA OPERASIONAL SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN MANAJEMEN
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
Jenis/sdm: dosen/0430106601

Tahun: 2015

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana praktek-prektek penyusunan dan pelaksanaan anggaran biaya operasional di PT X Divisi Bogor dan sejauhmana efektifitas penyusunan anggaran biaya operasional tersebut.
Data yang dianalisis, yaitu : a) Struktur Organisasi Perusahaan, b) Proses Penyusunan Anggaran Biaya Operasional, c) Pelaksanaan Anggaran Biaya Operasional, d) Penyimpangan atau selisih biaya dan realisasinya, dengan perbandingan realisasi anggaran biaya operasional antara tahun 2011 hingga 2014. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian ini adalah Struktur Organisasi PT X Divisi Bogor telah mengadakan pembagian tanggung jawab fungsional. Di samping itu struktur organisasi tersebut juga menggambarkan adanya pembagian wewenang dan tanggung jawab seperti dalam penyusunan anggaran serta pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran. Proses penyusunan anggaran biaya operasional menggunakan sistem bottom up. Perencanaan yang dilakukan sudah baik dan membantu dalam meminimalisir penyimpangan yang terjadi. Penyimpangan yang didapat ada penyimpangan yang sesuai dengan prosedur dan penyimpangan tidak sesuai prosedur.
Anggaran yang digunakan PT X Divisi Bogor bersifat fleksibel karena untuk divisi riset dan pengembangan tidak bisa diprediksikan masalah-masalah yang terjadi di lapang, yang harus segera diatasi. Sehingga penyimpangan yang terjadi sejauh ini sudah atas izin dari manajemen. Namun untuk menghindari penyimpangan yang tidak diinginkan, dibuatlah prosedur perbaikan dan pencegahan untuk mengatasi terjadinya penyimpangan berulang.
Kata kunci : Perencanaan Biaya Operasional, Pengendalian Manajemen