Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: ACCOUNTING
Judul: ANALISIS PROSEDUR PENGHIMPUNAN DAN SIMPANAN TERHADAP PENGENDALIAN INTERNAL
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
Jenis/sdm: dosen/0430106601

Tahun: 2015

Pengendalian intern merupakanhal yang sangat penting bagi pimpinan perusahaan dalam rangka memantau kebijakan-kebiajakan yang telah ditetapkan dan memberikan keyakinan kepadanya bahwa tujuan perusahaan akan dapat dicapai. Suatu sistem yang meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran-ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dankeandalan data akuntansi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.Contoh: adanya pemisahan fungsi dan tanggung jawab setiap karyawan perusahaan. Struktur organisasi serta uraian tugas yang memadai dan memenuhi criteria pemisahan fungsi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan untuk mendukung sistem pengendalian intern atas penjualan dan penerimaankas.
Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode deskriptif kualitatif yang berarti membandingkan teori dengan praktekdi perusahaan.Mendeskripsikan langkah-langkah prosedur penghimpunan dana simpanan lalu membandingkan dengan langkah-langkah sistem pengendalian internal yang terbentuk di dalam perusahaan. Hal ini berguna untuk memperoleh gambaran apakah sistem pengendalian internal tersebut sudah baik atau belum.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa KSP-Sejahtera Bersama telah menerapkan sistem pengendalian internal yang memadai dalam menunjang kegiatan operasional perusahaan, hal ini dapat terlihat dari pengendalian internal yang terdiri dari beberapa komponen pengendalian yang didukung dengan adanya pemisahan fungsi dan wewenang yang jelas, serta dokumen-dokumen yang memadai dalam prosedur penghimpunan dana simpanan.
Kata kunci : Prosedur penghimpunan dana simpanan, pengendalian internal