Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Prosiding Nasional Strategi Indonesia Kreatif Menghadapi ASEAN Economic Community 2015
Judul: Kotowaza Dalam Kajian Linguistik Kognitif: Penerapan Gaya Bahasa Metafora
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0423038603

Tahun: 2015

Menghadapi pasar bebas ASEAN 2015, persaingan di bursa tenaga kerja akan semakin ketat., Dengan adanya Jepang sebagai pemodal asing, Indonesia diharapakan memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam bidang bahasa dan budaya agar kerjasama dapat berjalan lancar. Salah satu wujud budaya yang berbentuk bahasa adalah kotowaza (peribahasa). Kotowaza digunakan orang Jepang karena mereka merupakan masyarakat yang kerap menggunakan perumpamaan dalam bertutur dan menghindari pernyata11n lugas. Dalam penelitian ini, penulis menganalisis kotowaza 1J1enggunakan majas metafora melalui kajian linguistik kognitif. Penelitian ini dilatarbelakangi sukarnya memahami hubungan antarmakna dalam kotowaza pada pembelajar asing karena perbedaan budaya dan kurangnya kamus yang menunjang proses pemahaman kotowaza secara mendalam dan perlunya pemahaman perihal kotowaza dalam berkomunikasi terutama di dunia bisnis untuk menghindari kesalahpahaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam perihal kotowaza, mengetahui hubungan antarmakna peribahasa tersebut menggunakan majas metafora berdasarkan kajian linguistik kognitif. Metode yang digunakani adalah metode kualitatif dengan pendekatan linguistik kognitif. Di akhir penelitian, disimpulkan bahwa kotowaza sebagai wujud budaya Jepang yang mengungkapkan maksud yang tersirat merupakan ha! yang penting untuk dipahami untuk meminimalisir friksi dalam berkomunikasi. Metafora sendiri dapat digunakan dalam menganalisis hubungan antarmakna sebuah kotowaza ketika makna leksikal kotowaza tersebut merupakan perumpamaan dari makna kiasan kotowaza itu sendiri.