Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Seminar Nasional
Judul: PELUANG DAN TANTANGAN UMKM BIDANG PERCETAKAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN 2015
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: mahasiswa/0912U001#0411057703

Tahun: 2015

Pemberdayaan UMKM berbasis ekonomi kreatif pada bidang bisnis percetakan atau industri grafika di Indonesia perlu dikembangkan secara cepat, tepat, dan berkesinambungan, dalam rangka mengimplementasikan ASEAN Economic Community (AEC) atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlangsung pada tahun 2015 ini, karena berbagai pertimbangan strategis dari setiap negara anggota yang memiliki keunggulan kompetitif berbeda, serta untuk menghadapi berbagai peluang dan tantangan dalam proses pelaksanaan MEA tersebut. Tulisan ini disusun dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, proses interaksi komunikasi yang mendalam, serta pendekatan induktif dalam pengungkapan fakta dan analisis data. UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), khususnya pada bisnis percetakan atau industri grafika, seiring dengan perkembangan teknologi yang sekarang semakin berkembang di Indonesia, belum tentu dapat bertahan dari gelombang globalisasi, terutama setelah era MEA berjalan, karena tekanan persaingan industri yang sangat ketat, terutama dalam kualitas, layanan, dan harga. Globalisasi (MEA) dapat merontokkan pondasi-pondasi UMKM dengan sangat cepat, karena psikologi pasar masyarakat Indonesia masih lebih senang terhadap produk-produk impor yang memiliki kualitas bagus dan harga kompetitif