Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Seminar Nasional
Judul: GLOKALIZER: KONSEP ESTETIKA URBAN SEBAGAI STRATEGI KREATIF UNTUK KARYA SENI BATIK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI DI PENTAS DUNIA
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0419106303#0411057703

Tahun: 2015

Glokalisasi dimaknai sebagai munculnya interpretasi produk-produk global (yang asalnya merupakan produk lokal) dalam konteks yang dilakukan oleh masyarakat dalam berbagai wilayah budaya. Interpretasi lokal masyarakat tersebut kemudian juga membuka kemungkinan adanya pergeseran makna atas nilai budaya, yang akan berdampak pula pada perspektif ekonomi. Keberadaan batik Indonesia dengan aneka ragam motif serta bentuknya, diyakini akan menjadi satu di antara ikon Indonesia yang menawan di mata pergaulan dan perdagangan internasional, termasuk dalam menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan berlangsung pada tahun 2015 ini. Tulisan disusun dengan menggunakan metodologi penelitian kualitatif, proses interaksi komunikasi yang mendalam, penelusuran berbagai literatur, serta pendekatan induktif dalam pengungkapan fakta dan analisis data. Kreativitas industri batik sebenarnya sudah mulai tergambar dari semarak pengrajin batik yang mulai menciptakan kreasi batik tak sebatas hanya sebagai bahan sandang, namun berupa produk kreatif yang dapat digunakan sehari-hari. Perlu strategi kreatif dalam mempertahankan eksistensi batik di pentas dunia, dengan menggunakan konsep glokalizer, yakni terkait strategi kreatif dalam berkarya dan strategi kreatif dalam pemasaran batik.