Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Seminar Nasional Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis IV 2014
Judul: PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP PROSES KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA RESTORAN MIE REMAN BANDUNG
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0409097801

Tahun: 2014

Secara umum definisi store atmosphere merupakan kegiatan merancang lingkungan pembelian dalam suatu restoran dengan menentukan karakteristik fisik restoran tersebut melaui pengaturan, pemilihan dan aktivitaslingkungan pembelian yang terbentuk pada akhirnya akan menciptakan image dari restoran, menimbulkan kesan yang menarik dan menyenangkan bagi konsumen dan mempengaruhi emosi konsumen saat melakukan pembelian. Elemen-elemen store atmosphere yaitu exterior (papan nama, pintu masuk area parkir), general interior (pencahayaan, suhu ruangan, kebersihan), store layout (kapasitas kursi dan meja, jarak antara tempat duduk, fasilitas restoran) dan interior display (gambar, tanda petunjuk). Melalui penciptaan store atmosphere yang baik maka diharapkan konsumen akan tertarik dan terdorong untuk melakukan pembelian pada restoran mie reman Bandung. Metode penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 125 responden. Metode pengambilan sampel dilakukan secara aksidental sampling, dimana sampel yang dijadikan responden pada penelitian ini adalah konsemn mie reman Bandung yang ditemui secara kebetulan pada saat penelitian berlangsung. Untuk mengukur dan menganalisa kedua variabel diatas metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan juga dilakukan uji validitas dan reliabilitas, koefisien korelasi rank spearman, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian bahwa tanggapan konsumen atas store atmosphere pada restoran mie reman Bandung adalah baik yang ditunjukkan dengan nilai keseluruhan sebesar 3.4768yang artinya baik karena berada pada interval 3,40-4,19. Tanggapan responden mengenai proses keputusan pembelian dapat dikatakan baik yaitu sebesar 3,662 karena berada pada interval 3,40-4,19. Hubungan store asmosphere dengan proses keputusan pembelian diperoleh nilai rs 0,573 yang termasuk kategori cukup kuat. Besarnya pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian sebesar 32,8%. Hasil uji hipotesis diperoleh dari hasil t hitung > t tabel = 7,6 > 1,97944. Maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini menunjukan store atmosphere berpengaruh positif terhadap proses keputusan pembelian.