Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: FOKUS Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Universitas Widyatama ISSN 1411-1594 Februari Thn 2003
Judul: Memelihara Dan Meningkatkan Brand Loyalty
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0403117601

Tahun: 2003

Ribuan merek-merek baru bermunculan setiap tahunnya. Ada yang memimpin pasar, ada yang bertahan dan ada juga yang muncul sekejap lalu matt. Hidup matinya sebuah merek dipengaruhi oleh  nilai yang dimilikinya.  Nilai sebuah merek akan lebih nyata terlihat  ketika konsumen memiliki  loyalitas yang tinggi terhadapnya.  Brand Loyalty  atau loyalitas adalah perilaku puncak konsumen terhadap merek. Situasi seperf inilah yang sebenarnya diidamkan ribuan  pemilik merek,  karena loyafitasnya,  konsumen bersedia   melakukan apa saja demi mempertahankan merek pilihannya. Konsumen bisa mendorong orang lain membeli merek itu, bahkan konsumen pun bisa mendorong  pengecer menjual  merek itu.  Apa pun upayanya, loyalitas ini jelas tidak dibangun dalam satu hari, melainkan merupakan proses terus-menerus. Coca-cola  adalah contoh nyata keberhasilan  memelihara  merek.  Produk  yang tetap eksis selama 113 tahun ini tanpa lelah berjuang mempertahankan diri sebagai nomor satu. Karena Coca-Cola tidak pemah mau kecolongan oleh pesaing