Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Manajemen Pemasaran
Judul: TINJAUAN ATAS PROMOSI PADA TABUNGAN TANDAMATA BERJANGKA BANK JABAR BANTEN CABANG BOGOR
Perguruan Tinggi: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan
Jenis/sdm: dosen/8811070018

Tahun: 2014

Tabungan Tandamata Berjangka adalah jenis produk tabungan meliputi kebebasan investasi yang memperbolehkan menentukan tujuan investasi seperti pendidikan, wisata, ibadah, pensiun, dan apapun tujuannya dengan jangka waktu investasi atau menabung secara fleksibel, mulai dari satu tahun hingga 10 tahun, dengan keleluasaan dalam menentukan setoran bulanan hanya dengan Rp 100 ribu sampai Rp 5 juta. Di samping itu, perencanaan keuangan nasabah akan lebih terjaga karena adanya perlindungan asuransi secara gratis berkerjasama dengan asuransi cigna. Penabung akan mendapatkan perlindungan asuransi yang berlaku efektif pada tanggal pembukaan rekening Tabungan Tandamata Berjangka.
Kegiatan promosi dengan personal selling itu sangat efektif karena berhubungan langsung dengan konsumen dan dapat dijelaskan secara detail manfaat dan kegunaan dari produk yang akan dipromosikan tersebut. Karena promosi dengan menggunakan personal selling dapat berinteraksi atau berkomunikasi langsung dengan calon nasabah, maka tenaga penjual dapat mempengaruhi secara langsung dan dapat menganalisa keinginan konsumen. Jika kedua belah pihak dapat mengetahui kebutuhan masing-masing maka selanjutnya akan terjadi hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan satu sama lain.
Dalam mempengaruhi calon nasabah, selain memberikan informasi tentang manfaat produk tersebut secara detail, Bank Jabar Banten Cabang Bogor melakukan negosiasi dengan konsumen antara lain tenaga penjual menjelaskan bahwa dengan membuka rekening Tabungan Tandamata Berjangka calon nasabah akan mendapatkan hadiah-hadiah menarik. Hadiah langsung ini bervariasi tergantung dari jumlah besar uang yang akan calon nasabah tabung di Tabungan Tandamata Berjangka. Hadiah tersebut tanpa di undi sehingga nasabah dapat bersemangat dalam menabung. Hadiah-hadiah yang ditawarkan dalam membuka Tabungan Tandamata Berjangka seperti Tupperware, Setrika Electrolux, Food Countainer Lock in Lock – Luch, Blender, Rice Cooker Electrolux, Vacuum Cleaner Electrolux, Camera Nikon, Televisi, dan Ponsel. Dengan memberikan hadiah-hadiah seperti ini nasabah akan merasa puas dengan promosi seperti itu maka akan terjalin hubungan jangka pangjang antara bank dengan nasabahnya.
Keyword : Promosi, Personal Selling