Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Masyarakat Informatika Indonesia (JMII) ISSN : 2541-5093 Vol 1, No. 1, Kuartal 4, Oktober-Desember, 2016
Judul: PEMBANGUNAN APLIKASI MULTIMEDIA UNTUK PENYELESAIAN SOAL MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS 9 (IX)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0410057101

Tahun: 2016

Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama suatu kegiatan belajar mengajar, kegiatan ini penting dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran melibatkan entitas yang berbeda, agar tercapai kegiatan pembelajaran maka ada tenaga pengajar dan siswa yang diajar. Tantangan yang dihadapi pada proses pembelajaran adalah keterbatasan ruang dan waktu belajar pada suatu pertemuan formal di kelas. Keterbatasan ruang dan waktu bisa diatasi dengan media pembelajaran. Media pembelajaran untuk mengatasi kendala tersebut bisa berupa aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia. Aplikasi pembelajaran yang berbasis multimedia, si-pesoma, memberikan nuansa pembelajaran dengan menggunakan komputer. Pembelajaran degngan menggunakan si-pesoma memberikan ketertarikan para siswa dalam mempelajari matematika secara interaktif. Aplikasi si-pesoma memberikan ulasan materi matematika, seperti halnya buku atau catatan materi belajar. Aplikasi ini mampu memberikan soal latihan matematika secara acak, dengan latihan acak ini dapat memberikan tingkat pemahaman yang lebih kepada pengguna aplikasi si-pesoma. Dan aplikasi ini memberikan kesempatan bagi pengguna untuk memberikan masukan data kepada aplikasi untuk mendapatkan hasil yang tepat berdasarkan rumus matematika yang ada di aplikasi ini. Dengan adanya masukan data dari pengguna maka aplikasi memiliki uji kompetensi dalam menyelesaikan soal latihan. Aplikasi ini memberikan ruang gerak bagi pengguna dalam uji kompetensi sehingga pembelajaran tidak monoton.