Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan (JITTER) ISSN : 2407-3911 Volume 2, No.1, Desember 2015
Judul: KAJIAN PENERAPAN PORTER’S GENERIC STRATEGIES DI INDUSTRI TELEKOMUNIKASI INDONESIA (STUDI KASUS: TELKOMSEL, XL DAN INDOSAT)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0428078501

Tahun: 2015

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa strategi di industri telekomunikasi di Indonesia. Penelitian ini mengambil tiga operator GSM terbesar di Indonesia yaitu PT. Telkomsel Tbk, PT. XL Axiata Tbk, dan PT Indosat Tbk, yang mana ketiganya memiliki pangsa terbesar diantara 10 operator lainnya. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode komparatif yang menjelaskan masing-masing strategi operator Telkomsel, Indosat dan XL. Data yang digunakan ada dua, yaitu data-data dari laporan tahunan masing-masing operator dan wawancara yang kepada masing-masing operator pada bagian pengembangan inovasi dan strategi. Data-data yang diambil dari laporan tahunan masing-masing operator adalah data pangsa pasar, ARPU, Subscribers Breakdown, MoU, Net Adds Subscriber, Price Minute, Processed Calls, Average MoU dan biaya pemasaran.

Berdasarkan analisis dan pengolahan data disimpulkan bahwa strategi di pasar telekomunikasi di Indonesia masih menggunakan Porter’s Generic Strategies, yaitu Telkomsel dan Indosat merupakan operator yang berhasil dalam menggunakan strategi differentiation dimana Telkomsel meng-cover daerah terluas termasuk Indonesia bagian Timur dengan jumlah BTS mencapai 54.291 pada akhir tahun 2012 dan Indosat memberikan layanan MIDI dan Wireless yang berkontribusi terhadap usaha MIDI sebesar 14.6% pada akhir tahun 2012 sedangkan XL merupakan operator yang berhasil menerapkan strategi Cost Leadership yang bisa menekan beban biaya perusahaan setiap tahunnya sehingga mengeluarkan produk dengan harga dibawah pasar. XL dikenal sejak tahun 2007 dengan tarif per detiknya. XL juga menerapkan beberapa strategi dari differentiationdengan mengembangkan teknologi yang bernama XCLoud.