Detail Inovasi Perguruan Tinggi


Tema: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika ISSN : 2089-3310 Vol. 3, No. 1, Desember 2013
Judul: URGENSI PERAN AKUNTANSI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Fenomenologis pada Dosen – Dosen Akuntansi di Universitas Widyatama Bandung)
Perguruan Tinggi: Universitas Widyatama
Jenis/sdm: dosen/0415018603

Tahun: 2013

Seiring dengan pesatnya perkembangan dunia akuntansi saat ini yang sudah banyak dilakukan oleh para peneliti – peneliti lain tentang akuntansi, peneliti mencoba melakukan penelitian tentang akuntansi dalam rumah tangga. Pemikiran – pemikiran para akuntan mengenai akuntansi masih mengacu tentang setiap transaksi – transaksi dalam laporan keuangan dan masih berpirkiran tentang untung atau rugi.

Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengungkap tentang peran penting akuntansi dalam rumah tangga serta perencanaan penganggaran dalam rumah tangga. Pada penelitian ini mencoba mengungkap peran dosen – dosen akuntansi di universitas widyatama bagaimana cara informan melakukan penerapan akuntansi rumah tangga dan mengelola keuangan mereka di dalam rumah tangga mengenai 4 (empat) hal penting yaitu: penganggaran, pencatatan, pengambilan keputusan dan perencanaan jangka panjang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perencanaan keuangan keluarga yang berorientasi untuk mengupas pengelolaan keuangan pada keluarga dosen akutansi di Universitas Widyatama. Adapun fokus pembahasan dan observasi diupayakan untuk menjawab permasalahan tentang pemahaman dosen akuntansi terhadap anggaran dalam perencanaan keuangan keluarga.

Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini memakai dasar teoritis studi fenomenologi.  Penelitian ini akan membahas perilaku manusia khususnya dalam mengelola dan merencanakan keuangan keluarganya, dimana datanya diperoleh dari keterangan dan pernyataan – pernyataan dari obyek yang diteliti yang dalam hal ini adalah dosen – dosen akuntansi di universitas widyatama dari berbagai latar belakang baik akademisi ataupun para praktisi.